Prison Break - Season 1 (Part 3)

Rencana pelarian semakin sulit dengan semakin bertambahnya anggota. Sudah ada 5 tahanan yang akan melarikan diri termasuk Scofield. Ada Linc, Sucre, Abruzzi dan juga T-Bag yang mau tidak mau diizinkan untuk bergabung dalam rencana pelarian. T-Bag mengancam akan membocorkan rencana ini kepada Bellick jika ia tidak turut dalam usaha pelarian. Tentu Scofield tidak dapat mengatakan tidak.

Rencana selanjutnya adalah menggali lubang di lantai gedung penyimpanan, lorong di bawah lantai ini akan menghubungkan langsung ke gedung klinik atau infirmary. Mereka bisa melakukan penggalian saat mengerjakan P.I. (Prison Industry). P.I. sebenarnya diatur oleh Bellick, tetapi ia sudah 'menjual' P.I. kepada Abruzzi jauh sebelum Scofield datang. Dan ini adalah salah satu alasan mengapa Scofield memasukan Abruzzi dalam daftar rencana pelarian.

P.I. dimulai pada sore hari, Scofield dan anggota lain langsung menuju ruang penyimpanan untuk memulai 'pekerjaan' mereka. Hal tak terduga terjadi, ruang penyimpanan yang harusnya tidak terpakai ternyata sudah diubah menjadi break room untuk para sipir. Hampir mustahil untuk Scofield dkk menggali lubang dengan keadaan seperti ini. Break room tersebut hanya dapat dimasuki oleh napi yang sudah sangat dipercaya, Westmoreland adalah salah satunya. Tetapi lagi-lagi Westmoreland tidak mau diajak bekerja sama. Walaupun Scofield sudah membantu menemukan kucing kesayangannya yang sempat hilang ketika terjadi lockdown.

Setelah kejadian lockdown, captain Bellick ditugaskan oleh Pope untuk mencari tahu siapa pembunuh Bob (sipir yang dibunuh oleh T-Bag). Abruzzi berencana untuk memberitahu Bellick siapa pembunuh Bob, tetapi T-Bag mengancam akan buka suara jika ia dilaporkan. Bellick yang tahu bahwa jasad Bob ditemukan di depan sel Westmoreland, beranggapan bahwa Wostmoreland tahu siapa pembunuh Bob. Bellick mendatangi Westmoreland dan memintanya untuk menceritakan kejadian yang sebenarnya. Tetapi Westmoreland bungkam karena tak mau terlibat dalam masalah.

Keesokan harinya, Bellick yang kesal dengan Westmoreland akhirnya membunuh kucing kesayangannya. Westmoreland yang kesal akhirnya memutuskan untuk 'membakar' break room sipir dengan cara merokok dalam ruangan tersebut. Rokok yang ia hisap adalah milik Bellick yang tentunya akan mengarahkan penyebab kebakaran karena kecerobohan Bellick.
Scofield melihat kebakaran yang terjadi dan berpikir bahwa Westmoreland membantunya, ketika ia mendatangi Westmoreland untuk berterima kasih lalu Westmoreland menjawab "I did not do it for you" seraya tersenyum.
Break room hangus terbakar, dan para P.I. crew ditugaskan untuk memperbaiki ruangan tersebut. Tentu ini adalah kesempatan emas untuk melancarkan aksi.

Di luar penjara, agen Kellerman ditugaskan memburu anak Linc agar Linc menyerah dan mau menjalani hukuman mati. Kellerman dan Hale mendatangi LJ a.k.a. Lincoln Junior (Marshall Allman), pada saat itu LJ sedang sendiri di rumah. Ketika Hale menodongkan senjata ke arah LJ, ibu LJ datang. Dan mencoba berlari sambil menghubungi polisi. Namus naas, agen Hale lebih dulu membunuhnya. LJ mencoba melarikan diri melalui jendela. Ketika ia berhasil keluar, Kellerman muncul dan pada saat yang sama ayah tiri LJ memukul kepada Kellerman dari belakang yang menyebabkan Kellerman jatuh tetapi sempat menembak ayah tiri LJ. Ibu dan ayah tiri LJ tewas di tempat, dan LJ melarikan diri. Di tempat kejadian, Hale dan Kellerman membuat scene seolah-olah LJ lah yang membunuh orang tuanya.

Kembali ke Fox River, terdapat beberapa tahanan baru datang salah satunya adalah Tweener (Lane Garrison). T-Bag berusaha mendekati Tweener namun Tweener menolaknya. Scofield yang mengetahui ini, mencoba untuk mencegah T-Bag berbuat apapun kepada Tweener.
Tetapi Tweener berkhianat kepada Scofield, dan membocorkan informasi yang ia ketahui kepada Bellick. Karena Bellick mengancam akan memindahkan Tweener ke dalam sel yang dihuni Avocado, tahanan gay berbadan besar.
 
Penggalian lantai break room sipir berjalan lancar, sampai pada saat Bellick memberhentikan Abruzzi dan mengganti ketua PI karena Abruzzi yang tidak dapat membayar 'setoran' kepada Bellick.
Falzone yang mengatur keuangan Abruzzi diluar penjara, berhenti memberikan aliran dana karena ia menganggap Abruzzi tidak dapat memberikan informasi mengenai Fibonacci. Falzone takut jika Fibonacci akan menyeret namanya dalam persidangan minggu depan jika Fibonacci masih dibiarkan hidup.

Scofield yang mengetahu dimana Fibonacci, didesak oleh Abruzzi untuk memberitahukan segera atau rencana pelarian akan gagal karena akan ada orang yang menemukan galian di ruang break cepat atau lambat. Scofield tidak memiliki pilihan lain, lalu ia menghubungi Nika Volek (Holly Valance) yang mana adalah istrinya. Tapi ini hanyalah bagian dari rencana Scofield. Ia menikahi Nika hanya untuk  menolongnya dari human trafficking agar Nika bisa mendapatkan green card*. Nika juga akan membantu Scofield dalam rencana pelarian ini.

Mau tak mau Scofield memberikan alamat Fibonacci kepada Falzone. Malam itu juga Falzone mendatangi tempat persembunyian Fibonacci setelah mendapatkan informasi dari Scofield. Tapi ini hanyalah jebakan, sesampainya Falzone disana, polisi sudah mengepung tempat kejadian sebelum Falzone dapat melakuan apapun. Dan alamat yang Scofield berikan juga bukan alamat asli Fibonacci.
Untunglah sebelum kejadian, Falzone sudah menyelesaikan pembayaran ke Bellick dan Abruzzi menguasai PI kembali.

Keesokan harinya Nika datang mengunjungi Scofield. Semua rekan pelarian Scofield terutama Sucre terkejut mengetahui Scofield sudah menikah. Scofield menemui Nika yang datang untuk mengantarkan credit card yang sebenarnya adalah kartu akses yang Scofield buat untuk membuka pintu ruang penyimpanan barang tahanan.
Saat Nika dan Scofield keluar dari ruang conjugal visit, tanpa sengaja Sara melihatnya. Scofield yang memang pada awalnya mendekati Sara hanya untuk melancarkan aksinya, pada akhirnya benar-benar menyukai Sara begitupun Sara sebaliknya. Tetapi setelah ini, Sara kecewa kepada Scofield dan merasa dibohongi.

C-Note salah satu napi yang selalu memperhatikan gerak-gerik Scofield, ia mengetahui rencana pelarian dan meminta Scofield memasukannya ke daftar atau ia akan membocorkan rencana ini. Scofield tidak memiliki pilihan lain selain membawa C-Note.
Westmoreland yang pada awalnya menolak bergabung, akhirnya mau bergabung setelah ia mendapatkan kabar dari Pope bahwa putri satu-satunya menderita kanker esofagus dan hanya memiliki kesempatan hidup tidak lebih dari 1 bulan lagi. Westmoreland meminta Pope mengizinkannya untuk menengok putrinya. Tapi birokrasi penjara tidak mengizinkannya, Westmoreland diizinkan untuk melihat putrinya hanya jika putrinya sudah meninggal.

Anggota terus bertambah, pelarian semakin sulit. Sudah ada Scofield, Linc, Sucre, Abruzzi, T-Bag, Westmoreland dan juga C-Note. 7 tahanan yang akan melarikan diri.
Scofield yang sudah mendapatkan kartu akses, malamnya keluar melalui dinding yang berada di selnya menuju ruang penyimpanan barang tahanan. Ia mengambil barang yang ia bawa ketika masuk Fox River. Scofield sudah menyiapkan tape recorder dan juga jam  tangan ketika ia datang. Tetapi jam tangan yang dibutuhkan Scofield hilang. Setelah mencari tahu, ternyata Roy Geary (Matt DeCaro) lah yang mencuri jam tangan milik Scofield. Geary adalah salah satu sipir penjara.

Scofield mencari cara untuk mendapatkan jamnya yang dicuri. Ia meminta bantuan Tweener untuk mengambilnya dari Geary. Dan Tweener berhasil mendapatkannya dengan cara berpura-pura sakit, pada saat Geary membawanya ke infirmary lalu Tweener dengan cepat mengambil jam tersebut.
Scofield yang sudah mendapatkan jamnya, merangkai jam dan tape recorder agar bisa digunakan sebagai alat perekam dan juga penunjuk waktu. Ia meletakan tape recorder dan jam tersebut di halaman tepat di bawah ruang infirmary, agar ketika sipir penjara berkeliling dan melewati halaman tersebut, tape recorder dapat merekam suara dan jam dapat menunjukan waktu kejadian. Perhitungan ini harus benar karena ini adalah bagian paling penting dari rencana pelarian.


Dilain hari mereka sedang menggali lubang dalam break room, Linc bertugas menjaga pintu depan dan memberi signal jika ada penjaga yang datang. Geary tiba-tiba datang, dan memaksa masuk untuk mengecek keadaan di dalam. Linc yang takut Geary akan tahu keadaan di dalam akhirnya memukul Geary untuk menahannya. Karena kejadian ini, Linc dipindahkan ke ruang solitary.
Di waktu yang sama, Abruzzi memperingatkan T-Bag untuk mundur dari rencana pelarian. Dan mengancam akan membunuh T-Bag jika ia tidak mundur. T-Bag berjanji untuk mundur, namun ketika Abruzzi mulai pergi meninggalkan T-Bag tiba-tiba T-Bag mengeluarkan silet dan melukai Abruzzi dengan mengiris nadi yang ada di lehernya. Abruzzi dilarikan ke Chicago untuk mendapatkan pertolongan. Tanpa Abruzzi pelarian akan sulit dilakukan, karena ia lah yang akan menyediakan jet untuk pelarian.

Dilain sisi, Linc yang berada di ruang solitary hampir mustahil untuk kabur karena ketatnya penjagaan. Sementara waktu eksekusi Linc tinggal 36 jam lagi. Dan sisa anggota pelarian mendesak Scofield untuk segera kabur dari penjara karena mereka khawatir jika Abruzzi akan membocorkan informasi mengenai rencana ini jika ia selamat. Scofield lagi-lagi tak punya pilihan.

To be continued ...
*Green Card adalah kartu permanent resident untuk seseorang yang tinggal di Amerika namun bukan warga nerga Amerika. Pemegang green card tidak akan kehilangan kewarganegaraan asalnya. Green Card memiliki batas waktu. Informasi lebih lanjut mengenai green card bisa klik di sini.

Comments

Popular Posts