Sinopsis Lengkap Annabelle Creation (2017)

Gue ini anaknya penakut parah tapi hobi sekali nonton ataupun baca segala hal yang berbau horor. Akhirnya setelah nonton film horor, gue bisa sampai kebawa mimpi atau parno mau ngapa-ngapain.
Efek yang paling parah sih waktu nonton film The Conjuring beberapa tahun silam. Perasaan gue sih setannya biasa aja, tapi ga tau kenapa mencekam banget rasanya. Kebayang-bayang terus. Rasa takut gue baru hilang sekitar 2 bulanan setelah nonton film ini. Dulu saking takutnya, gue kalau mandi sengaja buka pintu dan minta temenin teman sekamar. Ha ha ha.

Balik ke sinopsis film Annabelle Creation. [SPOILER ALERT]
Inti dari film ini tentunya menceritakan asal mula boneka Annabelle kenapa bisa 'terkutuk'.
Scene awal film menggambarkan seorang Pria sedang membuat boneka. Nah boneka yang dibuat ya si boneka Annabelle ini. Nama pria pembuat boneka adalah Mullins. Dalam pembuatan boneka tersebut, digambarkan kalau boneka ini limited edition. Hanya ada 100 piece untuk seri boneka Annabelle.

Mr. Mullins punya istri sebut saja Mrs. Mullins. Dan mereka memiliki anak perempuan usia sekitar 10 tahunan. Namanya Annabelle. Anaknya Mr. Mullins ini punya salah satu seri boneka limited edition itu, mungkin ini awalnya kenapa disebut boneka Annabelle.

Boneka Annabelle waktu masih 'cantik'
Nah pada scene awal ketika Mr. Mullins digambarkan sedang memproduksi boneka limited edition ini, anaknya ngajak main Mr. Mullins. Dengan cara menyelipkan selembar kertas di bawah pintu workshop Mr. Mullins, tulisannya "Find Me".
Sumber
Sampai sini, gue rada missed di scene-scene awal. Karena gue takut dan sepanjang scene awal, keseringan gue tutup muka dari pada nontonnya. Ha ha ha

Lanjut lagi sampai bagian yang gue ingat. Waktu itu mereka pulang dari suatu tempat, dan mobil Mr. Mullins bannya bermasalah. Mereka semua akhirnya turun, sementara Mr. Mullins ganti ban mobil.
Tiba-tiba ada mobil (atau sesuatu?) nabrak si Annabelle. Menyebabkan Annabelle meninggal dunia. Ini sumpah gue ga lihat yang nabrak si Annabelle apaan, cuma kayanya sih suara mobil. Soalnya pas kejadian nabrak, gue lagi nutup muka. Jadi ga tau apa yang telah terjadi.

Waktu langsung berputar ke 12 tahun kemudian.

Beberapa anak panti asuhan akan tinggal di rumahnya Mr. Mullins. Jumlahnya ada 6 anak, dan 1 suster atau biarawati sebutannya. Salah 1 anak namanya Janice terkena penyakit polio, yang  menyebabkan dia jalan menggunakan tongkat. Juga ada 1 anak namanya Linda, dia ini teman baiknya Janice. Dan 4 anak lainnya gue ga tau nama mereka siapa.

Mereka semua dapat kamar di lantai 2 sementara keluarga Mullins di lantai 1. Sister Charlotte si biarawati, minta sama Mr. Mullins supaya dia dan Janice tinggal di lantai 1 saja kalau bisa. Karena keadaan Janice yang akan susah naik turun tangga. Lalu Mr. Mullins kasih lihat kursi yang bisa dijadikan semacam lift gitu. *sumpah ini kursi horor abis*
Jadi kursi ini tadinya  dibuat untuk istrinya, karena beberapa tahun yang lalu dia sakit dan sulit jalan sampai akhirnya sekarang lumpuh total.
Janice lagi nyobain kursi lift-nya
4 anak perempuan yang gue ga tau namanya itu, mereka tidur di 1 kamar yang sama. Janice dan Linda tidur di kamar sebelahnya. Yang sialnya kamar mereka adalah tempat penyimpanan boneka, dan dekat dengan bekas kamar Annabelle. Ketika baru sampai di lantai 2, Janice hampir mau masuk ke dalam kamar Annabelle. Tiba-tiba Mr. Mullins datang dan bilang, kalau ga ada yang boleh masuk ke kamar ini. Kamar ini selalu terkunci.

Malamnya ketika Linda sudah tidur, Janice masih bangun dan tiba-tiba ada kertas yang diselipkan di bawah pintu kamar mereka. Tulisannya "Find Me" seperti saat Annabelle bermain dengan Mr. Mullins. Tulisannya sama persis.
Karena dapat kertas itu, si Janice jadi keluar kamar dan akhirnya melihat ada langkah dari kamar Annabelle. Dia masuk ke kamar Annabelle padahal sudah dilarang untuk tidak masuk ke dalamnya. Sampai dalam kamar Annabelle, keadaan kamar gelap.

Semua barang-barang dikamar itu ditutup pakai kain putih. Lalu Janice menyingkap kain putih itu dan melihat ada rumah boneka.
Janice melihat-lihat rumah boneka punya Annabelle yang ternyata ada kunci di dalamnya. Ternyata kunci inilah yang membuka 'kurungan' boneka terkutuk Annabelle.
Ketika Janice buka tempat penyimpanan Annabelle, di sana cuma ada kursi dan boneka Annabelle duduk di atasnya. Di dinding ruangan itu penuh dengan sobekan bible.

Karena takut, Janice coba untuk tutup kembali pintu tersebut. Sialnya setiap kali dia tutup, lalu pintunya akan kebuka lagi. Lagi, dan lagi. Ketika Janice hampir meninggalkan kamar si Annabelle, tiba-tiba ada wujud hantu casper. Tau kan? Jadi kaya anak kecil nutupin badannya pakai kain putih. Jalan menuju si Janice, dan ketika kainnya tersingkap ternyata ga ada siapa-siapa dibalik kainnya.
Janice kaget, dan gue pun juga kaget. Ha ha ha
Si Janice balik lagi ke kamarnya lari-lari ketakutan.

Pagi harinya, Janice mendatangi Sister Charlotte untuk melakukan pengakuan dosa karena semalam masuk ke kamar Annabelle yang dari awalnya sudah dilarang oleh Mr. Mullins. Janice juga menceritakan apa yang terjadi malam itu, tetapi Sister Charlotte tidak mempercayai apa yang dikatakan Janice.

Di waktu yang bersamaan, anak-anak lainnya bermain di luar dan mereka masuk ke workshop Mr. Mullins. Di sana ada 1 scarecrow yang 'aneh', 1 anak coba mendekat ke scarecrow itu dan tiba-tiba teriak tapi hanya untuk menakut-nakuti anak yang lainnya. Ada 1 anak lain yang merasakan kalau ada sesuatu yang berbeda dari scarecrow ini.

*foto scarecrow-nya silahkan Google sendiri*

Skip langsung ke bagian di malam hari yang sama saat Janice pengakuan dosa paginya. Nah pas malam ini gue lupa deh si Janice gimana ceritanya masuk lagi ke kamarnya si Annabelle. Setelah kejadian kemarin malamnya, gue beneran heran sama ini anak kenapa masih aja berani masuk ke kamar si Annabelle.

Ketika Janice ke kamar itu, eh ada 'Annabelle' berdiri di depan jendela. Gue lupa sih percakapan lengkapnya gimana. *lupa mulu*
Seingat gue Janice nanya gini ke 'Annabelle' :

"Are you Mr. Mullins's daughter?" 

Terus gue lupa si 'Annabelle' jawab apa, yang gue dengar tiba-tiba Annabelle teriak:

"I want your soul!"

Pas dialog ini rada lucu, karena ketika Annabelle teriak suaranya kedengeran kaya suara Megatron. Ha ha ha
Lalu si 'Annabelle' yang tadinya berwujud anak kecil tiba-tiba sudah berubah aja jadi monster. Janice langsung lari ke luar dari kamar Annabelle sambil teriak-teriak manggil Sister Charlotte. Tapi ga ada respon sama sekali. Akhirnya dia jalan pincang-pincang menuju tangga. Coba nurunin tangga pakai kursi 'lift' seperti yang sudah jelaskan di atas.

Kursi lift-nya ga mau jalan, padahal 'Annabelle' sudah mendekat. Ternyata kursinya ga jalan karena Janice lupa pasang belt-nya. Akhirnya setelah detik-detik menegangkan, kursi bisa jalan juga ke bawah. Pas di tengah tangga menuju ke bawah, eh kursinya macet. Dan si Janice mencet-mencet tombolnya. Yang entah karena emang kursinya rusak atau memang dikendalikan sama Annabelle, lalu kursi itu meluncur balik lagi ke atas.
Ketangkep deh si Janice. Lalu dia jatuh dari lantai 2 ke lantai 1.

Ga dijelaskan kenapa Annabelle ga bisa atau ga mau ke lantai 1. Apa karena Mr. Mullins ada di lantai 1? Oh ya Mr. Mullins punya istri yang lumpuh, dan tinggal di lantai 1 sekamar dengan Mr. Mullins.
Ada 1 kejadian ketika hantu yang menyerupai Mrs. Mullins menakut-nakuti 2 anak lainnya. 2 anak itu bilang kalau tadi mereka lihat Mrs. Mullins masuk ke kamar, tapi Mr. Mullins bilang kalau itu ga mungkin. Karena istrinya ga bisa jalan dari beberapa tahun lalu.

Balik lagi ke kejadian setelah Janice jatuh dari lantai 2.
Adegan langsung menampilkan Janice yang kayanya baru pulang dari rumah sakit. Sekarang dia ga bisa jalan karena kakinya luka setelah jatuh kemarin. Janice pakai kursi roda, sudah ga pakai tongkat.
Janice bilang sama Sister Charlotte, kalau mereka harus pergi dari rumah itu. Karena ada sesuatu yang jahat menginginkan jiwanya Janice. Tapi Sister Charlotte ga setuju, karena mereka ga ada tempat tinggal lain selain di rumah Mr. Mullins.

Ajaibnya setelah kejadian Janice diganggu sama Annabelle, eh si Janice malah ditinggal tidur sendirian di sofa lantai 1. Dasar film 😂😂😂
Di kamarnya Mr. Mullins, istrinya ngomong ke Mr. Mullins mungkin aja si Janice bukan jatuh dari tangga. Tapi jatuh karena 'dia'.

Malam ini, Janice ga digangguin sama 'Annabelle', ga tau kenapa. Yang diganggu malah Linda teman sekamarnya Janice. Dia didatengin 'Annabelle'.

Lanjut ke pagi hari. Janice dibawa ke luar sama Sister Charlotte. Janice duduk di atas kursi roda. Setelah nganterin Janice untuk berjemur di depan, Sister Charlotte balik lagi ke dalam rumah. Tiba-tiba kaya ada sesuatu yang nendang kursi roda Janice. Tapi ga ada siapa-siapa.
Ga lama setelah itu, muncul Valak ngedorong kursi rodanya Janice menuju ke workshop Mr. Mullins.
Iya.
Valak.
Siang bolong. Keluar.

Mukanya sih ga diliatin kalau itu Valak atau bukan, tapi dari kostum dan tinggi badan, kayanya sih nyoba untuk menggambarkan sosok Valak. Setelah setan Valak yang luar biasa ga ada takut-takutnya sama matahari ini dorong si Janice ke workshop, dia menghilang gitu aja. Kursi roda si Janice terlempar jauh ke pojok ruangan. Janice berusaha untuk sembunyi dengan cara merangkak ke kolong lantai kayu, lalu sosok 'Annabelle' datang dan mengambil jiwa Janice.

Sister Charlotte yang dengar kegaduhan dari dalam workshop, akhirnya dia buru-buru masuk workshop untuk cek ada apa di sana. Tapi ketika Sister Charlotte dan Linda masuk ke workshop, terlihat seolah ga terjadi apa-apa. Cuma ada 'Janice' yang duduk di kursi roda.
Sumber
Linda sadar kalau Janice yang mereka lihat bukan lagi Janice yang dulu. Tatapan mata Janice sudah berubah. Malamnya Linda nanya ke teman-temannya yang lain, apa hantu yang mereka lihat sebelumnya beneran ada? Karena dia ngerasa kalau Janice sekarang sudah berubah. Tapi teman-teman yang lain ga menanggapi apa yang Linda bilang. Mereka cuma bilang kalau Janice berubah hanya untuk cari perhatian.

Paginya Linda duduk sendirian di luar. Lalu Mr. Mullins datang, dan nanya kenapa dia murung. Awalnya Linda ga mau bilang apa-apa. Tapi akhirnya Linda nanya masalah boneka Annabelle. Mr. Mullins kaget, dia bilang ga mungkin kalau boneka Annabelle itu ada. Karena bonek itu sudah dikunci dan ga akan mungkin bisa keluar.
Linda jelasin kalau sebenarnya beberapa hari lalu Janice masuk ke kamar itu. Barulah Mr. Mullins sadar kalau ada masalah besar. Mr. Mullins buru-buru masuk ke dalam rumah dan seolah nantangin 'Annabelle' untuk keluar. Ketika Mr. Mullins masuk ke rumah, ada boneka Annabelle yang duduk manis di ruang makan. 'Janice' tiba-tiba muncul dari ruangan dekat Mr. Mullins berdiri. Mr. Mullins mengarahkan salib yang dari tadi dia pegang ke arah Janice. Tapi sayanya Mr. Mullins kalah dan mati.
Detik-detik akhir Mr. Mullins baik hati.
Dengar suara gaduh-gaduh dari dalam rumah, Sister Charlotte masuk ke dalam dan menemukan tubuh Mr. Mullins sudah tidak bernyawa. Yang gue heran ketika Mr. Mullins dibawa pergi, kenapa ga ada polisi yang interogasi ya? Apa memang tahun segitu belum ada polisi khusus untuk usut kematian ga wajar dan sebagainya? Time setting film ini adalah tahun 1950.

Malamnya Linda ngendap-ngendap masuk ke kamar tidurnya si Janice untuk ngambil boneka Annabelle. Karena Linda pikir semua masalah dikarenakan boneka ini. Anehnya lagi Linda bisa ngambil itu boneka tanpa bikin Janice bangun yang notabene si Janice kan udah  jadi setan. 😌
Linda bawa boneka ke luar rumah untuk di buang ke sumur yang ada ga jauh dari rumah. Adegan ini yang bikin gue deg-degan dan ga abis pikir kok si Linda berani banget. Ketika Linda lari-lari keluar sambil bawa boneka, untungnya Sister Charlotte lihat dari jendela kamarnya. Jadi dia ke bawah untuk nyusulin. Linda belum tau kalau Sister Charlotte ngikutin dia dari belakang.
Adegan ini horor banget muka boneka Annabelle-nya.
Setelah sampai di depan sumur, si Linda sudah siap-siap mau buang boneka Annabelle. Eh tiba-tiba Sister Charlotte datang dan nanya ke si Linda lagi ngapain. 😑
"Ngana pikir lagi apa, hah?" Linda jawab. Ha ha ha
Ngga deng.

Gue sudah ngira bakal ada sesuatu yang terjadi di sini. Jadi setelah Linda buang boneka Annabelle ke dalam sumur, ga paham lagi gue kenapa si Linda malah masih diri aja di depan sumur. Ketika Sister Charlotte sudah balik badan untuk balik ke rumah, tiba-tiba ada sesuatu yang nyoba narik Linda masuk ke dalam sumur. Untungnya Sister Charlotte berhasil narik si Linda ke atas dan nutup sumurnya. Mereka lari buru-buru masuk ke kamar Janice. Untuk lihat apakah Janice sudah kembali seperti semula karena bonekanya sudah Linda buang. Ternyata ketika Linda buka selimutnya Janice, yang ada di atas tempat tidur adalah boneka Annabelle yang tadi dibuang. Jeder!

Sister Charlotte emosi banget, akhirnya dia ambil itu boneka dan dia pergi ke kamarnya Mrs. Mullins. Mrs. Mullins kaget ngelihat Sister Charlotte nenteng boneka Annabelle kaya nenteng plastik isi kecapi. Dia langsung teriak nyuruh Sister Charlotte buang jauh-jauh boneka itu dari dia. Sister Charlotte maksa Mrs. Mullins untuk jelaskan apa yang terjadi.

Nah di sinilah dijelaskan asal mula terciptanya Annabelle.

Jadi setelah kepergian anak mereka Annabelle, Mrs. Mullins ngerasa terpukul banget. Akhirnya mereka mencoba untuk komunikasi dengan Annabelle dengan cara-cara semacam manggil arwah Annabelle. Awalnya semua berjalan sesuai apa yang mereka mau.
Mereka mulai mendengar suara Annabelle lagi. Mereka mendengar ada aktifitas di kamar Annabelle. Mrs. Mullins juga melihat sekelibatan bayangan Annabelle berlarian di rumah.
Waktu itu mereka belum bisa berkomunikasi dengan Annabelle. Tapi merasakan keberadaan Annabelle itu sudah membuat mereka bahagia.
Sampai ditahap mereka bisa lihat sosok Annabelle. Hari makin hari Annabelle ini makin kuat menunjukan eksistensinya. Suatu malam, Mrs. Mullins masuk ke kamar Annabelle dan melihat wujud Annabelle yang nyata.
Mrs. Mullins mencoba untuk berkomunikasi dengan Annabelle. Tapi yang ada Annabelle malah bertransformasi menjadi sosok menakutkan. Mrs. Mullins melawan dan mengarahkan salib ke arah Annabelle. Tapi Annabelle terlalu kuat, dan melukai setengah wajah Mrs. Mullins.
Dari sinilah mereka sadar, apa yang mereka lakukan sudah mengundang roh jahat yang malah membahayakan jiwa mereka.

Akhirnya mereka minta bantuan pastor untuk memberkati boneka itu. Boneka itu akhirnya ditaruh di dalam ruangan dengan tempelan kertas bible menutupi seluruh dindingnya. Seperti yang sudah gue jelaskan di awal-awal. Setelah kejadian itu, 'Annabelle' ga pernah menggangu mereka lagi sampai hari di mana Janice buka pintu persemayaman Annabelle.

Setelah mendengar cerita dari Mrs. Mullins, Sister Charlotte sadar kalau ada yang ga beres. Dia minta anak-anak lain untuk cari Janice di setiap sudut rumah sembari Sister Charlotte berkemas untuk bersiap keluar dari rumah itu. Ketika anak-anak lain dan Linda nyari Janice, mereka lihat Janice sedang duduk di tempat di mana Annabelle biasa duduk semasa hidup.
Tapi yang mereka lihat bukan Janice teman mereka. 'Janice' terlihat berbeda. Janice memegang pisau seraya menatap teman-temannya seolah mau membunuh teman-temannya. Karena mereka sadar kalau itu bukan Janice yang mereka kenal, akhirnya mereka lari berhamburan keluar sayangnya Linda sudah lebih dulu terseret. Linda berteriak ke teman-temannya untuk pergi menyelamatkan diri.

Gue agak lupa di scene ini, tapi ada adegan juga di mana Sister Charlotte dicelakai oleh 'Janice' dan ada adegan juga di mana Linda lari ke ruang bawah tanah lalu ketemu setan lagi di sana. 😒
Gue banyak missed adegan-adegan film ini karena ketika setan sudah bersiap muncul, gue bakal tutup muka dan matiin volume laptop supaya gue ga takut. 😂

Anak-anak yang tadi lari ninggalin Linda, sudah sampai di luar rumah. Tapi mereka masuk lagi ke dalam untuk menyelamatkan Mrs. Mullins. Yang malangnya sudah keduluan dibunuh entah sama siapa ga dijelaskan. Ketika anak-anak itu masuk ke kamar Mrs. Mullins, setengah badan Mrs. Mullins sudah ada di dinding. Badannya terpotong dan tertancap di dinding.
Anak-anak itu akhirnya keluar lagi dari rumah. Mereka berbondong-bondong masuk ke dalam mobil Mr. Mullins dan nyoba untuk nyalahinnya mesinnya.

Ada 1 anak yang melihat scarecrow sedang perlahan-lahan melihat ke arah mereka. Dan tiba-tiba scarecrow itu hilang dari pandangan, lalu muncul di depan kaca mobil. *kayanya sih*
Mereka kaget dan buru-buru keluar dari mobil berlari menuju workshop Mr. Mullins. Yang sialnya, anak yang tadi lihat scarecrow pertama kali, masuk terlebih dulu dan terkunci di dalam bersama scarecrow yang entah gimana sudah ada di dalam. Ya namanya juga setan.

Scarecrow tiba-tiba menjelma menjadi iblis atau apalah itu namanya. Anak ini nyoba untuk menyelamatkan diri, yang intinya dia selamat setelah keluar melalu lorong di bawah lantai kayu. Di dalam rumah, Sister Charlotte masih berjuang untuk keluar. Dia melihat Linda yang sedang bersusah payah menyelamatkan diri dari 'Janice'. Akhirnya dia mendorong Janice masuk ke ruangan di mana sebelumnya boneka Annabelle disimpan. Sister Charlotte dan Linda berhasil keluar dari rumah itu.

Lampu rumah berubah jadi terang banget ketika Sister Charlotte ke luar dan tidak berapa lama semua lampu pecah. Scene langsung berubah pagi hari. Gue ga tau gimana caranya mereka manggil bala bantuan dari luar. Tiba-tiba sudah ada polisi yang mengecek keadaan dalam rumah Mr. Mullins.
Ketika mereka membuka pintu di mana Linda sebelumnya dikunci, di dalam sana sudah ga ada Linda. Salah satu dindingnya bolong. Dan yang ada cuma boneka Annabelle saja.

Pastor bilang kalau boneka Annabelle sudah diberkati dan sudah bersih dari roh iblis yang bersemayam. Lalu menawarkan ke anak-anak, siapa yang mau ngadopsi boneka Annabelle. 😐

Janice hilang.

Akhirnya mereka semua pergi meninggalkan rumah Mr. Mullins. Linda masih sedih mengingat temannya Janice. Tapi Sister Charlotte menjelaskan kalau Janice sudah berubah, bukan lagi Janice yang kita kenal.

Sampai di sini sudah ga dijelaskan lagi kelanjutan nasib ke 5 anak panti asuhan itu. Scene berlanjut ke panti asuhan lain. Ada sepasang suami istri mau adopsi anak perempuan dari panti asuhan itu.
Pengurus panti asuhan menjelaskan latar belakang gadis itu dan ketika diperlihatkan gadisnya ternyata ...
Jeng jeng jeng. Si Janice.
Di sini Janice ngaku namanya Annabelle. Dan ternyata yang ngadopsi ini adalah dari keluarga Higgin. Mr. Higgin kasih boneka ke calon anaknya itu dan akhirnya mengadopsi si 'Annabelle. Di scene ini, boneka yang dikasih ke Janice/ Annabelle adalah real boneka Annebelle di kehidupan nyata.
Duplikat boneka Annabelle yang sesungguhnnya.
Boneka rambut merah itu sebenarnya duplikatan sosok asli dari boneka Annabelle di kehidupan nyata. Boneka Annabelle yang asli sampai saat ini masih di simpan di Warren Occult Museum. Katanya sih kadang masih suka gerak-gerak sendiri.
Boneka Annabelle yang asli.
Kalau yang sudah pernah nonton film Annabelle yang pertama, mungkin ingat siapa keluarga Mr. Higgin. Jadi Mr. Higgin ini tetangga dari John dan Mia. John dan Mia adalah pemeran utama film Annabelle 2014.
Di film Annabelle 2014 dijelaskan kalau keluarga Mr. Higgin sedang bersedih ditinggal pergi oleh anak mereka, Annabelle Higgin. Di film itu, Annabelle diceritkan bergabung ke aliran sesat. Dan di film Annabelle Creation ini dijelaskan sebenarnya Annabelle itu ya si Janice ini.

Keluarga Higgin merawat dan membesarkan Janice/ Annabelle Higgin. Suatu malam, Annabelle Higgin dan pacarnya mengendap-ngendap masuk ke rumah Mr. Higgin dan membunuhnya. Persis seperti di film Annabelle 2014. Jadi di scene akhir film Annabelle Creation menjelaskan adegan awal film Annabelle 2014.

Di tahun 2014 ketika gue nonton film Annabelle, gue memang sempat bingung kenapa si Annabelle Higgin masuk ke rumah John dan Mia cuma untuk NGAMBIL BONEKA!
Dan di sini baru dijelaskan. Jadi boneka yang Mia punya, adalah salah satu boneka limited edition produksi Mullins company. Sebelumnya gue sudah jelaskan kalau boneka Annabelle ada 100 pieces limited edition. Nah salah satunya mungkin yang dibeli John suaminya Mia.

Gue sih ga yakin apakah ini boneka yang sama dengan boneka Annabelle di film Annabelle Creation. Soalnya seingat gue, scene awal di film Annabelle 2014, Mia dapat bonela Annabelle dalam keadaan baru dan masih bersih. Kan setidaknya kalau ini boneka Annabelle yang sama, pasti sudah kusam atau gimana gitu.

Scene akhir ini hanya menjelaskan adegan awal di film Annabelle 2014 yang tadinya gue ga paham. Selanjutnya sih persis seperti adegan Annabelle 2014.

Dari segi cerita, gue kasih poin 4/5 lah. Karena gue terkesan dengan cerita keluarga Mullins yang terpukul kehilangan anaknya. Di sini gue kebayang gimana perihnya kalau sampai kehilangan anak, karena gue juga sudah jadi ibu. Gue lumayan tersentuh sama cerita intinya.
Tapi kalau dari segi horornya sih biasa aja, karena terlalu banyak jejalin setan dimana-mana, jadi malah ga begitu fokus ke setan Annabellenya. Coba bayangin, setannya ada Annabelle, Valak, scarecrow, hantu yang menyerupai Mrs. Mullins. Kebanyakan peran setan gitu. Jadi nilai horornya 3/5 aja. Tapi mungkin juga gue ga berasa seremnya karena sepanjang adegan seram, gue selalu tutup muka. 🤣
Adegan yang berkesan buat gue, saat Mrs. Mullins sepintas melihat arwah Annabelle berlarian. Gue happy aja gitu, ngerasain happy-nya Mrs. Mullins ngelihat anaknya 'kembali' lagi.

Rekomen ga buat ditonton? Buat isi waktu luang sih lumayan. Tapi ga usah berekspektasi terlalu tinggi. Dari semua film Conjuring Universe, masih tetap The Conjuring 2013 yang menurut gue paling bagus sih. Karena efek nakutinnya buat gue sampai berbulan-bulan. 🤧

Silahkan nonton untuk yang gemar film horor. Tidak mengecewakan kok. :)


Comments

Popular Posts