Prison Break - Season 1 (Part 1)

Masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya, tentang serial TV yang sedang gue tonton akhir-akhir ini. Dengan senang hati gue akan kasih sinopsisnya per-season ~
Untuk menghindari tulisan yang tampak seperti koran, mungkin gue akan buat menjadi beberapa part untuk setiap season. Here we go ~

Dalam season ini menceritakan tentang usaha Michael Scofield (Wentworth Miller III) untuk masuk ke dalam penjara Fox River agar bisa melarikan diri bersama kakaknya Lincoln Burrows (Dominic Purcell) yang mana sedang menunggu eksekusi hukuman mati atas tuduhan pembunuhan Terrence Steadman (John Billingsley) adik dari wakil presiden United States Caroline Reynolds (Patricia Wettig).

Dari awal masa penyelidikan kasus pembunuhan, Linc tidak pernah sekalipun mengakui dan bersikukuh kalau dia hanya korban dari 'bisnis' ini. Dia tidak pernah membunuh siapapun.
Awalnya Scofield skeptis dengan apa yang dikatakan Linc, karena dilihat dari latar belakang Linc memang dia adalah seorang 'kriminal'. Rakyat kelas pinggiran, narkoba, perampokan, semua lekat dengan Linc. Juga dengan hutang sebesar USD 90,000 yang harus Linc bayar, rasanya bukan sesuatu yang mengejutkan jika Linc bersedia menjadi seorang hitman.

Scofield dan Burrows tumbuh tanpa orang tua yang lengkap. Ayah mereka, Aldo Burrows 'menelantarkan' mereka ketika Linc berusia 7 tahun dan Scofield belum lahir pada saat itu. Ibu mereka dikisahkan meninggal dunia ketika Scofield berusia sekitar 6 tahun karena memiliki penyakit Hypothalamic Hamartoma yang mana adalah penyakit keturunan.

Setelah Scofield menyelidiki keterlibatan Linc dalam pembunuhan ini, Scofield sadar bahwa kakaknya tidak bersalah dan tidak melakukan pembunuhan. Scofield juga akhirnya tahu bahwa Linc berhutang USD 90,000 ialah untuk membiayai sekolahnya. Setelah ibu mereka meninggal, Linc memberikan uang kepada Scofield dan mengatakan bahwa uang itu adalah asuransi dari ibu mereka. Scofield mendapatkan informasi ini dari Veronica Donovan (Robin Tunney) yang mana adalah pengacara dan juga sekaligus mantan pacar Linc.

Scofield mulai menyusun rencana untuk masuk ke dalam Fox River dan melarikan diri bersama Linc. Berbekal dari blueprint yang Scofield dapatkan dari perusahaan tempat ia bekerja yang mana pernah melakukan renovasi penjara Fox River.
Scofield berusaha mengingat denah dan jalur untuk melarikan diri, tapi mustahil ia bisa mengingat semua peta dan denah yang ada.
Akhirnya Scofield membuat tato yang memenuhi badannya dengan gambaran blueprint tersebut beserta rangkaian rencana dan beberapa simbol yang diperlukan untuk pelarian ini.

Sumber: di sini
Setelah gambar rampung, Scofield melakukan aksi perampokan bank tanpa mengambil apapun dan melukai siapapun. Polisi datang dan Scofield ditangkap. Dalam persidangan, Scofield dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman kurungan penjara selama 5 tahun di ... Fox River.

Sesampainya di Fox River, Scofield mencoba untuk menemui Linc dan mengatakan bahwa dia datang untuk membebaskan Linc. Akan ada beberapa orang yang Scofield perlukan dalam perlarian ini seperti John Abruzzi (Peter Stomare) dan Charles Westmorland atau D.B. Cooper (Muse Watson). Scofield memerlukan Abruzzi untuk menyediakan pesawat setelah mereka berhasil melarikan diri. Dia juga membutuhkan uang dalam jumlah besar setelah pelarian, dan Westmorland memiliki uang sejumlah USD 5 juta yang ia dapatkan dari hasil hijacking pesawat* pada tahun 1971.

Abruzzi akhirnya menyetujui tawaran ini setelah Scofield mengatakan akan memberikan lokasi tempat dimana Fibonacci bersembunyi. Fibonacci adalah bekas karyawan Abruzzi yang 'berkhianat' dan menjebloskan Abruzzi ke penjara. Lain dengan Abruzzi, Westmorland menolak tawaran Scofield karena dia merasa tidak memiliki alasan untuk kabur dari penjara. Westmorland sudah bertobat dan memilih menebus dosanya di balik tembok Fox River.

Rencana tetap berjalan tanpa Westmorland. Pada saat Scofield masuk ke Fox River, dia mengaku memiliki penyakit diabetes tipe 1 agar dia bisa ke klinik penjara secara berkala untuk mendapatkan suntikan insulin. Klinik di penjara adalah tempat yang paling lemah pengawasannya dan terdapat kabel yang menghubungkan ke tembok bagian luar Fox River. Dari tempat inilah pelarian akan dilakukan.

Scofield membutuhkan skrup untuk membongkar toilet yang ada di dalam selnya. Dan Scofield menemukan skrup tersebut dari bangku taman penjara. Ketika Scofield berhasil mendapatkan skrup, tanpa sengaja Theodore "T-Bag" Bagwell (Robert Knepper) melihatnya. T-Bag yang dari awal memang dendam dengan Scofield karena menolak untuk dijadikan pacar, akhirnya mengambil skrup tersebut. Di sisi lain Scofield juga membutuhkan Pugnac karena ia mulai kekurangan kadar glukosa dalam darahnya akibat insulin yang diberikan secara berkala. Pugnac juga akan membuat Scofield positif diabetes ketika melakukan tes nanti.

Scofield mendapatkan Pugnac dari Benjamin Miles "C-Note" Franklin (Rockmond Dunbar). Masalah muncul ketika teman satu sel Scofield menolak untuk ikut melarikan diri. Fernando Sucre (Amaury Nolasco) tidak ingin terlibat rencana Scofield karena takut akan tertangkap dan akan mendekam lebih lama di penjara. Pada saat itu, Sucre hanya perlu menyelesaikan masa tahanan selama 16 bulan lagi.

Sucre meminta sipir penjara untuk memindahkannya ke sel yang lain. Dan Scofield akhirnya tinggal satu sel dengan Charles Haywire Patoshik (Silas Weir Mitchell) pindahan dari tahanan penderita sakit jiwa. Haywire menderita penyakit Schizoaffective dan juga neuroanatomic lesions akibat dari penyakit ini membuat Haywire tidah pernah tidur dan tentunya akan mengacaukan rencana Scofield. Karena ia sendiri menolak untuk bergabung dalam misi pelarian tetapi dia pun tidak akan tinggal diam jika Scofield berusaha kabur. Ada saat dimana Scofield melepas bajunya dan Haywire melihat tato yang Scofield miliki. Haywire mulai 'menggangu' Scofield dan mengatakan bahwa tato itu adalah sebuah 'jalan'. Haywire mencoba menggambar tato milik Scofield dan akhirnya ia mangetahui bahwa itu bukanlah hanya sekedar tato tapi denah menuju suatu tempat.

Karena Scofield khawatir rencananya akan terbongkar, akhirnya ia berpura-pura telah dianiaya oleh Haywire. Scofield membenturkan kepalanya ke sel tahanan hingga terluka, dia berteriak memanggil sipir dan mengatakan bahwa Haywire lah yang melukainya. Akhirnya Haywire dipindahkan kembali ke dalam bangsal tahanan sakit jiwa. Lalu Sucre kembali ke dalam sel yang sama dengan Scofield. Sucre setuju untuk masuk ke dalam rencana pelarian karena dia baru mengetahui bahwa kekasihnya hamil dan akan segera menikah dengan orang lain jika ia masih di dalam penjara.

Scofield masih berusaha untuk mendapatkan kembali skrup yang diambil oleh T-Bag. Ada suatu malam terjadi perkelahian antara tahanan berkulit putih dan tahanan berkulit hitam, dalam kerusuhan Scofield melihat 'pacar' T-Bag memegang skrup yang sebelumnya diambil oleh T-Bag. Scofield berusaha mengambil skrup tersebut, namus nahas pada saat itu juga seseorang menikam pacar T-Bag hingga tewas dan T-Bag melihat Scofiled berada di dekat tempat kejadian. Ia mengira Scofield lah yang membunuh pacarnya. T-Bag berusaha untuk membunuh Scofield tetapi dihalangi oleh Abruzzi.

Diluar penjara, Veronica masih mencoba untuk menggali lebih dalam mengenai kasus yang sedang dihadapi Linc. Tetapi dua agen rahasia Paul Kellermen (Paul Adelstein) dan Daniel Hale (Daniel McCarthy) mencoba membunuh Veronica untuk menghentikan tindakannya. Ada suatu waktu Veronica dan rekan pengacaranya sedang menuju apartement milik Veronica. Dan ketika mereka membuka pintu, tiba-tiba bom meledak. Kebetulan pada saat itu orang yang membuka pintu adalah penjaga apartement dan mengakibatkan ia tewas. Sementara Veronica dan Nick Savrinn (Frank Grillo) berhasil untuk kabur dari tempat kejadian. Untuk sementara waktu, Kellermen dan Daniel berhenti untuk mengejar Veronica dan Nick karena Kellermen berfikir bahwa mereka sudah tewas.

To be continued ...

*Kasus D.B. Cooper adalah kisah nyata. Sampai saat ini kasus belum selesai dan dibiarkan terbuka. Sumber dari data FBI: D.B. Cooper Hijacking.

Comments

Popular Posts